PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI DAN KETERAMPILAN KERJA SAMA SISWA KELAS X IIS 3 (KKO) SMA NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Rahmawati, Annisa Sari (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI DAN KETERAMPILAN KERJA SAMA SISWA KELAS X IIS 3 (KKO) SMA NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL_ANNISA SARI R_12804244025.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model cooperative learning dengan teknik TS-TS dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan pemahaman materi siswa, (2) penerapan model cooperative learning dengan teknik TS-TS dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan keterampilan kerja sama siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 3 (KKO) SMA Negeri 1 Seyegan yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila 75% dari jumlah siswa mencapai KKM, yaitu 71 dan keterampilan kerja sama siswa mencapai 80%, yang dapat dikategorikan bahwa kerja sama siswa sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS dapat: (1) meningkatkan pemahaman materi siswa, pada siklus I sebesar 44,5% dari jumlah siswa yang mencapai KKM/tuntas, dan pada siklus II naik menjadi 83,4% dari jumlah siswa yang mencapai KKM/tuntas, (2) meningkatkan keterampilan kerja sama siswa, pada siklus I siswa yang berkategori sangat baik sebesar 38,9%; siswa yang berkategori baik sebesar 19,5%; siswa yang berkategori sedang sebesar 30,6%; siswa yang berkategori cukup sebesar 11%; pada siklus II siswa yang berkategori sangat baik sebesar 83,3%; siswa yang berkategori baik sebesar 11,1%; siswa yang berkategori sedang sebesar 5,6%. Kata Kunci: Materi, Kerja Sama, Two Stay Two Stray

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 26 Jul 2017 03:56
Last Modified: 30 Jan 2019 14:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51082

Actions (login required)

View Item View Item