LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMP NEGERI 4 MAGELANG

Imam Ramadhan Bagus Panuntun, Imam Ramadhan Bagus Panuntun (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMP NEGERI 4 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. IMAM RAMADHAN BAGUS PANUNTUN (13207241006).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) agar mahasiswa bisa mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk diterapkan dalam kehidupan nyata khsusnya dilembaga pendidikan formal, dan umumnya lembaga pendidikan non formal. Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa mencangkup kompetensi sosial, pedagogic, professional dan kepribadian. Secara umum, pelaksanaan PPL UNY 2016 meliputi empat tahapan yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan dan praktik mengajar di lapangan. Pelaksanaan program PPL UNY semester khusus 2016 yang berlokasi di SMP Negeri 4 Magelang ini telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli sampai 15 September 2015 dengan jumlah anggota terdiri dari 11 Mahasiswa dari jurusan program studi Pendidikan Seni kerajinan, Pendidikan Seni Musik, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Matematika, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Pelaksanaan program diisi dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru (perhitungan jam efektif guru, membuat daftar siswa, Pemetaan materi, pembuatan RPP berdasarkan kurikulum 2013, membuat materi ajar dan membuat media pembelajaran), praktik mengajar dan evaluasi. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di 6 kelas, yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E dan VIII F. kegiatan PPL ini dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar mengajar (KBM) berlangsung dengan jumlah tatap muka sebanyak delapan kali pertemuan tiap kelas. Evaluasi meliputi pembuatan soal ulangan harian dan teori serta tugas untuk siswa. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk meningkatkan proses pengajaran dan proses belajar siswa. Selain itu juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah segingga keiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan sekolah menghasilkan input dan output yang andal. Secara keseluruhan Program PPL UNY 2016 ini dapat terlaksana dengan baik dan lancer. Praktikan berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL UNY 2016, kegiatan PPL, SMP Negeri 4 Magelang
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51055

Actions (login required)

View Item View Item