Pengaruh Kecerdasan Emosional, Self Efficacy dan Altruisme dengan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar Inklusi di Kabupaten Karanganyar.

Septiana, Devalia (2017) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Self Efficacy dan Altruisme dengan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar Inklusi di Kabupaten Karanganyar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-devalia-septiana-14712259020.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan gambaran kecerdasan emosional, self efficacy, altruisme dan kompetensi guru yang mengajar di Sekolah Dasar Inklusi di Kabupaten Karanganyar, dan (2) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, self efficacy dan altruisme terhadap kompetensi guru yang mengajar di Sekolah Dasar inklusi di Kabupaten Karanganyar. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan ex-post-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di SD inklusi di kabupaten Karanganyar. Penentuan sampel penelitian sejumlah 65 subyek menggunakan teknik multistage cluster sampling. Pengumpulan data tingkat kecerdasan emosional, self efficacy, altruisme dan kompetensi guru menggunakan instrumen skala psikologi. Data tingkat kecerdasan emosional, self efficacy, altruisme dan kompetensi guru dianalisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan kategori kecerdasan emosional guru SD inklusi di kabupaten Karanganyar berada pada kategori sedang. Sedangkan kategori self efficacy, altruisme guru dan kompetensi guru SD inklusi di kabupaten Karanganyar berada pada kategori tinggi. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kompetensi guru SD inklusi di Kabupaten Karanganyar dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05 dan rxy (0.560) > rtabel (0,244), terdapat pengaruh yang signifikan antara self efficacy terhadap kompetensi guru SD inklusi di Kabupaten Karanganyar dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05 dan rxy (0,535) > rtabel (0,244), terdapat pengaruh yang signifikan antara altruisme dengan kompetensi guru SD inklusi di Kabupaten Karanganyar dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05 dan rxy (0,711) > rtabel (0,244) dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional, self efficacy dan altruisme terhadap kompetensi guru SD inklusi di Kabupaten Karanganyar dengan nilai Fhitung sebesar 39,742 > 2,76 Ftabel dan signifikansi 0,00 < 0,05 serta besar pengaruh yaitu 64,5% (R2). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional, self efficacy dan altruisme maka akan semakin baik pula kompetensi guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, self efficacy, altruisme, kompetensi guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:17
Last Modified: 09 May 2019 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51054

Actions (login required)

View Item View Item