LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 MUNTILAN

Esny Yanuartika, Esny Yanuartika (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 MUNTILAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13312241037_ESNY YANUARTIKA_PEND.IPA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UNY Tahun 2016 adalah salah satu langkah yang dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan kemampuan baik secara akademis maupun praktis terutama dalam dunia pendidikan. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyumbangkan tenaga serta pikiran bagi kemajuan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMP Negeri 2 Muntilan dari tanggal 15 Juli–15 September 2016. Kegiatan diawali dengan kegiatan persiapan, di antaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Mahasiswa merancang program kerja yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Penyusun mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas VIII D, VIII E, dan VIII F. Namun karena jadwal berubah, kemudian hanya mengajar di kelas VIII B dengan total pertemuan sebanyak 14 kali. Proses pembelajaran dilakukan menggunakan kegiatan pengamatan, diskusi, dan komunikasi (presentasi), dan penugasan. Materi yang disampaikan adalah materi FISIKA mengenai Gaya dan Energi, adapun Sub Bab Materinya antara lain Gaya, Resultan Gaya, Gaya Gesekan, Massa dan Berat, Hukum-Hukum Newton, dan Energi. Kegiatan evaluasi pembelajaran diberikan dengan mengadakan tes tulis dan praktek. Kerjasama yang baik dengan pihak sekolah dan guru pembimbing dapat mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Hasil dari kegiatan PPL selama 2 bulan adalah pelaksanaan PPL berjalan dengan baik dan lancar, namun ada beberapa hambatan atau kendala, diantaranya yaitu grogi, sulitnya mengkondisikan siswa, dan pemahaman siswa yang berebeda-beda. Hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi yaitu dengan mempersiapkan pembelajaran dengan lebih baik, memberikan motivasi dan ketegasan kepada siswa, dan membantu siswa dengan memberikan penjelasan agar siswa lebih paham. Solusi-solusi tersebut memperlancar pelaksanaan program PPL. Selain itu, kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2016 ini juga tak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, khususnya guru pembimbing, mahasiswa serta peserta didik SMP Negeri 2 Muntilan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, SMP N 2 Muntilan, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Jul 2017 06:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50932

Actions (login required)

View Item View Item