LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 2 MUNTILAN

Rofi Noviyani, Rofi Noviyani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 2 MUNTILAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13312241002_ROFI NOVIYANI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMP N 2 Muntilan telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 10 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Program Studi Pendidikan Matematika. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan media dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya. Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara berurutan, yang dimulai dari melakukan observasi kondisi sekolah serta pembelajaran di kelas dan peserta didik dengan bimbingan guru pembimbing. Setelah melakukan observasi, mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkah-langkah yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan praktik mengajar. Penyusun mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas VIII A, VIII B dan VIII C. Namun karena jadwal berubah, penyusun hanya mengajar satu kelas yaitu VIII A. Dalam Pembuatan RPP mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan RPP. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas, mahasiswa PPL tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru pembimbing dikarenakan kebijakan dari sekolah mengharuskan mahasiswa PPL didampingi oleh guru pembimbing. Setelah pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan RPP di kelas dan memberikan masukan-masukan untuk pelaksanaan RPP selanjutnya. Hasil dari kegiatan PPL selama 2 bulan di SMP N 2 Muntilan adalah pelaksanaan PPL berjalan dengan baik dan lancar. Namun masih ada beberapa hambatan diantaranya sulitnya mengkondisikan siswa dan pemahaman siswa yang berbeda-beda. Hambatan tersebut dapat diatasi dengan memberi motivasi kepada siswa, mempersiapkan pembelajaran dengan baik dan membantu siswa dengan memberikan penjelasan agar siswa paham. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2016 ini tak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, khususnya guru pembimbing, mahasiswa serta peserta didik SMP N 2 Muntilan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: UNY, PPL, SMP N 2 Muntilan, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Jul 2017 06:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50931

Actions (login required)

View Item View Item