LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 WATES BENDUNGAN, WATES, KULON PROGO

Neny Oktaviani, Neny Oktaviani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 WATES BENDUNGAN, WATES, KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-LAMPIRAN (MERGED).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2016 menyelenggarakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan adalah salah satu pra jabatan guru yang dirancang untuk melatih para calon guru agar menguasai kemampuan keguruan yang utuh dan terintegrasi, sehingga setelah smenyelesaikan pendidikannya mereka siap untuk mengemban tugas sebagai seorang pendidik. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diharapkan dapat membentuk pribadi calon pendidik yang memiliki seperangkat nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan guna sebagai bekal untuk menjadi seorang tenaga pendidik yang profesional dan siap dalam memasuki dunia pendidikan. Secara umum tujuan dari kegiatan PPL yaitu terbentuknya pribadi calon tenaga pendidik yang siap memasuki dunia pendidikan dan memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMA Negeri 2 Wates, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga tanggal 15 Juli 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun mahasiswa dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas lebih dari 8 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain demonstrasi, diskusi kelompok, penugasan, dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, video, slide power point, beserta alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran. Tidak ada kendala berarti dalam proses PPL ini, dikarenakan bantuan dan kerjasama dari semua pihak yang terlibat dalam PPL. Dari kegiatan PPL ini, mahasiswa dapat melihat dan merasakan suasana fisik dan psikologis dari proses pendidikan di suatu lembaga pendidikan secara langsung sehingga dapat memberikan pengalam yang nyata kepada mahasiswa. Manfaat lain yang didapat mahasiswa yaitu dapat lebih memahami arti pentingnya pendidikan karena sudah mengetahui sendiri ruang lingkup pendidikan yang kelak ditekuninya. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Mahsiswa PPL, UNY 2016, SMA Negeri 2 Wates
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2017 06:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50886

Actions (login required)

View Item View Item