LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Lina Anggraini, Lina Anggraini LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LINA ANGGRAINI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh setelah mengambil mata kuliah lain yang menjurus dan berkaitan dengan PPL seperti pembelajaran mikro, media, kajian kurikulum dan lain sebagainya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan atau menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. PPL periode tahun 2016 ini dilaksanakan tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016, berlokasi di SMP Negeri 2 Pengasih, Jalan Jogja – Wates Km 25, Kedungsari, Pengasih, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan yang ingin dicapai dari program ini antara lain adalah untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan, dan sebagai ajang praktik penerapan ilmu yang didapat dari perkuliahan maupun diluar perkuliahan, sehingga mampu mengembangkan potensi diri, keterampilan mengajar dan atau pengalaman mengajar secara nyata dilapangan, disini yaitu sekolah. Kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Pengasih, merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa kependidikan dalam menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Selain itu kegiatan PPL merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitas calon guru. Dalam kegiatan PPL, mahasiswa mendapat berbagai macam manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, praktik mengajar praktikan seperti ini dapat melatih cara menyesuaikan perangkat pembelajaran yang terdiri dari: RPP/pertemuan, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi dari yang diajarkan di universitas dengan yang terjadi di sekolah. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan praktik di sekolah seperti ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. Hasil dari pelaksanaan PPL ini adalah terlaksananya kegiatan pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan didalam perencanaan pembelajaran. Adapun secara tidak langsung mahasiswa mengenal koridor dan seluk beluk manajerial lembaga pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Katakunci : PPL, SMP N 2 Pengasih, pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:37
Last Modified: 01 Oct 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50876

Actions (login required)

View Item View Item