Pengembangan Media Reflective Picture Storybook untuk Meningkatkan Konsep Diri Sosial dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Bantul.

Wijayanti, Prabantara Esti (2017) Pengembangan Media Reflective Picture Storybook untuk Meningkatkan Konsep Diri Sosial dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V Sekolah Dasar se-Kecamatan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-prabantara-esti-wijayanti-15712251018.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media reflective picture storybook yang memenuhi kriteria kelayakan, dan 2) mengetahui keefektifan media reflective picture storybook untuk meningkatkan konsep diri sosial dan karakter tanggung jawab siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD se-Kecamatan Bantul. Pengumpulan data menggunakan wawancara, self report, skala, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, anova, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) telah dihasilkan media reflective picture storybook yang memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi, serta respons guru dan siswa dengan kategori sangat baik; 2) media reflective picture storybook yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan konsep diri sosial dan karakter tanggung jawab siswa. Konsep diri sosial meningkat secara signifikan berdasarkan uji t berpasangan pada taraf signifikansi 0,05 (sig. (1 tailed) = 0,000 < α = 0,05). Karakter tanggung jawab siswa meningkat secara signifikan berdasarkan uji t berpasangan pada taraf signifikansi 0,05 (sig. (1 tailed) = 0,000 < α = 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media reflective picture storybook, konsep diri sosial, dan karakter tanggung jawab
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jul 2017 02:35
Last Modified: 09 May 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50817

Actions (login required)

View Item View Item