Pengaruh Media Permainan Ular Tangga dan Bingo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan.

Kurniasari, Yuni Rakhman (2017) Pengaruh Media Permainan Ular Tangga dan Bingo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuni-rahman-kurniasari-15712251008.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan media permainan ular tangga dan bingo terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research) dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Mutihan. Tiga kelas ditentukan secara acak untuk dijadikan sampel dalam menerapkan media permainan ular tangga, media permainan bingo, dan media gambar. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas IVC yang menerapkan media permainan ular tangga dengan siswa sebanyak 29 siswa. Kelas IVA yang menerapkan media permainan bingo. Kedua kelas ini masing-masing mempunyai siswa sebanyak 28 siswa di kelas IVC dan 29 siswa di kelas IVA (n1 =28 dan n2 = 29) dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol mengunakan media gambar berjumlah 29 siswa (n=29). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar adalah angket motivasi dan data hasil belajar digunakan tes. Data instrumen motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada matematika dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial uji independent sample F test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran matematika berbantu media permainan ular tangga dan bingo lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran matematika berbantu media gambar, dengan p = 0,00. 2) Pembelajaran matematika berbantu media permainan ular tangga dan bingo lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran matematika berbantu media gambar, dengan p = 0,00.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: ular tangga, bingo, motivasi, dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jul 2017 02:22
Last Modified: 09 May 2019 08:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50814

Actions (login required)

View Item View Item