EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA DI KECAMATAN PRAMBANAN KLATEN

Nugroho, Darwis Cahyo and Rosnawati, R. (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA DI KECAMATAN PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
BAB 0.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) serta pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA di kecamatan Prambanan Klaten, serta mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA di kecamatan Prambanan Klaten. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Pretest Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI di kecamatan Prambanan Klaten dengan sampel penelitian berjumlah 67 yang dipilih secara acak sederhana (simple random sampling) yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi, tes uraian kemampuan berpikir kreatif dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli dengan indeks kesepakatan rater sebesar 0,92 untuk instrumen kemampuan berpikir kreatif dan 0,91 untuk instrumen motivasi sehingga masuk kedalam kategori sangat valid. Statistik uji dilakukan dengan menggunakan uji Hotelling’s Trace Berdasarkan data yang diperoleh, posttest kemampuan berpikir kreatif kelas TAI dan konvensional memiliki rata-rata masing-masing 79,82 dan 76,26 dengan variansi 168,96 dan 223,33. Sedangkan untuk motivasi akhir, kelas TAI dan konvensional memiliki rata-rata masing-masing 58,97 dan 56,54 dengan variansi 40,03 dan 34,01. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa 1) model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan pembelajaran konvensional efektif secara simultan ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA di kecamatan Prambanan Klaten. 2) model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif secara simultan dibandingkan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA di kecamatan Prambanan Klaten. Kata kunci: Team Accelerated Instruction (TAI), Kemampuan Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:17
Last Modified: 30 Jan 2019 14:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50722

Actions (login required)

View Item View Item