LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2016 LOKASI PPL TK ABA PENDEKAN, TIRTORAHAYU, GALUR, KULON PROGO

Widya Oktaviyani Ardi, Widya Oktaviyani Ardi (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2016 LOKASI PPL TK ABA PENDEKAN, TIRTORAHAYU, GALUR, KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WIDYA OKTAVIANI ARDI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan mengajar bagi mahasiswa SI bidang pendidikan. Program ini merupakan tanggungjawab dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPMP) Universitas Negeri Yogyakarta. Semua mahasiswa yang menempuh jalur pendidikan wajib mengikuti program PPL ini. Dalam Program PPL setiap mahasiswa mengajar dengan jumlah jam minimal 240 jam mengajar. Program dilaksanakan pada semester khusus yang dimulai tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. PPL dilaksanakan pada hari Senin sampai Jumat, setiap hari minimal mahasiswa menempuh 8 jam mengajar. Mahasiswa PG PAUD termasuk dalam bidang pendidikn, oleh karena itu juga wajib mengikuti program PPL. PPL dilaksanakan di TK yang dipilih sendiri oleh kelompok mahasiswa dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Jurusan PAUD. Kiteria tersebut antara lain, TK jauh dari jalan raya dengan jarak tertentu, terdapat Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK) kelompok A dan B, PAUD kueang berkembang, dan lain-lain. Kriteria ini dimaksudkan agar mahasiswa yang melaksanakan PPL tepat sasaran untuk membantu PAUD agar lebih berkembang dengan adanya mahasiswa yang melaksanakan PPL di TK tersebut. PAUD yang dipilih adalah TK ABA Pendekan, Tirtorahayu, Galur, Kulonprogo. Tk tersebut memenuhi syarat untuk dipilih sebagai TK rujukan. Hal-hal tersebut telah tercantum dalam analisis SWOT yang telah dijelaskan dalam laporan. Dengan analisis tersebut akan membantu mahasiswa dalam menentukan program yang sesuai dengan kondisi TK. Program yang dilaksanakan terbagi menjadi dua yaitu program pengajaran dan non pengajaran. Program pengajaran adalah program yang keseluruhan kegiatannya adalah mengajar, sedangkan program non pengajaran berisi program-program di luar kegiatan pengajaran. Program pengajaran yang dilakukan adalah kegiatan mengajar TK kelompok A dan TK kelompok B yang telah dijadwal sesuai dengan jumlah mahasiswa, yaitu 11 mahasiswa. Rata-rata setiap minggu mahasiswa mendapat kesempatan mengajar sebanyak satu kali, jadi total mengajar mahasiswa adalah enam kali. Progra non pengajaran yang dilaksanakan secara berkelompok adalah pendampingan rapat wali murid, lomba melukis, karyawisata, lomba permainan tradisional, perapian administrasi sekolah, pendampingan ekstrakulikuler, pengadaan sarana cuci tangan, penataan ruang kelas, dan jumat bersih. Dengan program PPL ini mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan yang jarang di dapat, melatih mahasiswa untuk langsung menghadapi anak dan mengenal administrasi yang terdapat di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, TK ABA Pendekan, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2017 04:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50705

Actions (login required)

View Item View Item