LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2016 LOKASI PPL TK ABA PENDEKAN, TIRTORAHAYU, GALUR, KULON PROGO

Nurohmah, Nurohmah (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2016 LOKASI PPL TK ABA PENDEKAN, TIRTORAHAYU, GALUR, KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NUROHMAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PPL merupakan singkatan dari Praktik Pengalaman Lapangan. yang merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa kependidikan S1 untuk memperoleh gelar sarjana di Universitas Negeri Yogyakarta. dilaksanakan untuk pengembangan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Sebagai mahasiswa PPL angkatan 2013, kami bertujuan melaksanakan PPL untuk memeroleh pengalaman mengajar secara macro dan mengaplikasikan ilmu/ teori yang diperoleh dibangku perkuliahan. PPL periode ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 – 15 September 2016 di TK ABA Pendekan yang beralamat di Pendekan, Tirtorahayu, Galur, Kulon Progo dengan jumlah anggota 11 (sebelas) mahasiswa. Sasaran program kegiatan PPL ialah TK ABA Pendekan khususnya siswa kelompok A maupun kelompok B. Program kerja yang dilaksanakan meliputi program kerja pengajaran dan non pengajaran. Untuk program pengajaran meliputi praktik mengajar sebagai guru utama yang dilaksanakan sebanyak 6 kali dengan total 3 kali mengajar di kelompok A dan 3 kali mengajar di kelompok B. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan berdasarkan rancangan kegiatan yang telah dibuat meliputi observasi pembelajaran, persiapan pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, konsultasi DPL PPL, praktik mengajar serta penilaian. Program PPL diharapkan dapat memperluas wawasan dan pengembangan kompetensi dalam bidangnya, dalam hal ini khususnya Pendidikan Anak Usia Dini. Sedangkan untuk program kerja non pengajaran meliputi, pendampingan rapat wali murid, pendampingan rapat guru, kepala sekolah serta organisasi guru Pendidikan Anak Usia Dini seperti IGTK, K3 dll. Selain itu program non pengajaran lomba melukis, karyawisata, lomba permainan tradisional, perapian administrasi sekolah, pendampingan ekstrakulikuler, pengadaan sarana cuci tangan, penataan ruang kelas, dan jumat bersih. Secara umum program kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar, namun masih terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran sehingga pelaksanaan program belum memperoleh hasil yang maksimal, pelaksanaan maupun evaluasi serta tindak lanjut program PPL ini perlu terus dilakukan guna dapat mewujudkan pelaksanaan program PPL yang lebih baik di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, TK ABA Pendekan, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2017 03:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50702

Actions (login required)

View Item View Item