LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2016 LOKASI PPL TK ABA PENDEKAN, TIRTORAHAYU, GALUR, KULON PROGO

Erischa Nurul Ma’ruf, Erischa Nurul Ma’ruf (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS 2016 LOKASI PPL TK ABA PENDEKAN, TIRTORAHAYU, GALUR, KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ERISCHA NURUL MA'RUF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan.merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa kependidikan S1 untuk memperoleh gelar sarjana di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) dilaksanakan untuk pengembangan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Mahasiswa dapat memperoleh wawasan dan juga sebagai wahana serta sarana untuk membentuk tenaga kerja yang terampil. Selain itu Praktik Pengalaman Lapangan ini merupakan sebuah program untuk mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan dan kualitas diri pada dunia kerja. Program PPL di TK ABA Pendekan yang beralamat di Pendekan, Tirtorahayu, Galur, Kulon Progo dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 – 15 September 2016 dengan beranggotakan 11 (sebelas) mahasiswa. Dengan menjalankan program kerja pengajaran dan non pengajaran. Untuk program pengajaran meliputi sebagai guru utama yang dilaksanakan sebanyak 6 kali dengan total 3 kali mengajar di kelompok A dan 3 kali mengajar di kelompok B. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan berdasarkan rancangan kegiatan yang telah dibuat meliputi observasi pembelajaran, persiapan pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, konsultasi DPL PPL, praktik mengajar serta penilaian. Program PPL diharapkan dapat memperluas wawasan dan pengembangan kompetensi dalam bidangnya, dalam hal ini khususnya Pendidikan Anak Usia Dini. Sedangkan untuk program kerja non pengajaran meliputi, pendampingan rapat wali murid, lomba melukis, karyawisata, lomba permainan tradisional, perapian administrasi sekolah, pendampingan ekstrakulikuler, pengadaan sarana cuci tangan, penataan ruang kelas, dan jumat bersih. Setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan, saya dapat menarik kesimpulan bahwa Praktik Pengalaman Lapangan sangat berguna bagi mahasiswa karena merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori yang telah didapat selama menimba ilmu dibangku kuliah dan juga dapat menambah pengalaman dan pengetahuan di dunia kerja yang sesungguhnya. Sehingga Praktik Pengalaman Lapangan dapat dijadikan bekal untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya di masa datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, TK ABA Pendekan, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2017 03:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50698

Actions (login required)

View Item View Item