LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SD NEGERI JLABAN (KECAMATAN SENTOLO, KULON PROGO)

Istu Kurniasmi, Istu Kurniasmi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SD NEGERI JLABAN (KECAMATAN SENTOLO, KULON PROGO). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ISTU KURNIASMI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu rangkaian mata kuliah yang wajib diikuti mahasiswa. Kegiatan PPL dilakukan bersamaan dengan KKN. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa di bidang pembelajaran maupun administrasi sekolah. Kegiatan pembelajaran yang dimaksud adalah praktik mengajar di kelas, sedangkan kegiatan administrasi sekolah meliputi pembuatan administrasi kelas, program literasi sekolah, rekapitulasi data siswa baru, inventarisasi barang, dan analisis RPP kurikulum 2013. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan, mahasiswa terlebih dahulu telah melaksanakan beberapa tahap yaitu; observasi, menonton video AVA, micro teaching, serta real pupil. Kegiatan observasi dimulai pada bulan Februari 2016, dan Pelaksanaan PPL dilaksanakan sejak tanggal 18 Juli sampai dengan 17 September 2016. Kegiatan mahasiswa meliputi 4 kali praktik mengajar terbimbing, 4 kali praktik mengajar mandiri, dan 2 kali ujian mengajar. Selain praktik mengajar mahasiswa juga berkesempatan untuk melaksanakan program administrasi sebagai bekal kelak ketika menjadi guru. Pelaksanaan kegiatan PPL merupakan sarana bagi mahasiswa untuk belajar dan menimba ilmu di sekolah sebagai bekal untuk menjadi guru profesional. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga menciptakan pembelajaran efektif bagi siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, SD Negeri Jlaban
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jul 2017 01:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50684

Actions (login required)

View Item View Item