FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN RENANG PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 KLATEN

Dwi Saputra, Panky (2017) FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN RENANG PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 2 Klaten merupakan salah satu sekolah favorit di Kabuaten Klaten, namun sarana dan prasarana yang digunakan saat proses pembelajaran renang masih bersifat umum karena sekolah belum memiliki fasilitas yang maksimal. Tujuan Penelitian untuk mengetahui faktor pendukung pembelajaran renang pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan metode survei dengan pengambilan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA/IPS di SMA Negeri 2 Klaten yang berjumlah 327 orang. Sampel penelitian berjumlah 100 peserta didik yang diambil secara Proportional Stratified Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil dari penelitian faktor pendukung pembelajaran renang pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Klaten adalah faktor guru berada dalam kategori tinggi sebesar 45%. Faktor peserta didik dalam kategori tinggi sebesar 33%. Faktor materi dalam kategori tinggi sebesar 40%. Faktor sarana dan prasarana berada dalam kategori sedang sebesar 36%. Untuk faktor lingkungan berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 40%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor pendukung, pembelajaran renang
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Olahraga > Peraturan, Pedoman, Juknis
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Jul 2017 06:44
Last Modified: 30 Jan 2019 14:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50675

Actions (login required)

View Item View Item