LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA DEKSO

Vera Indah Kumalasari, Vera Indah Kumalasari (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA DEKSO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. lAPORAN PPL VERA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa sebagai calon guru dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran dimulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi pembelajaran, dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri, serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama 2 bulan. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa diwajibkan melakukan praktek pembelajaran microteaching terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan saat mengajar. Sekolah tempat mahasiswa melakukan Praktek Pengalaman Lapangan adalah sekolah yang telah bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta khususnya PL PPL dan PKL LPPMP UNY yaitu di TK ABA Dekso, Sayangan, Banjararum, Kalibawang, Kulonprogo. TK ABA Dekso, Sayangan, Banjararum, Kalibawang, Kulonprogo memiliki tenaga pendidik yang professional dan sarana prasarana yang cukup mendukung segala kegiatan dalam rangka mengembangkan kegiatan pembelajaran. Mahasiswa mendapatkan bimbingan dari sekolah dengan baik serta diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu serta kemampuannya dan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan PPL. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan mahasiswa mendapatkan Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) kemudian mengembangkan kegiatan dan media yang akan digunakan saat pembelajaran serta kelengkapan lainnya dan menyusunnya ke dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH). RKH yang telah disusun terlebih dahulu dikonsultasikan untuk mengetahui apakah ada perbaikan yang perlu dilakukan. Bila seluruh rencana kegiatan telah siap, mahasiswa mempersiapkan media dan alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran. Media yang akan digunakan dibuat dalam ukuran besar (contoh) agar dapat dilihat oleh seluruh siswa dengan baik. Seluruh media dibuat semenarik mungkin agar anak tertarik untuk belajar. Kegiatan yang akan dilakukan anak juga harus dibuat berbeda agar anak tidak mudah jenuh dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Evaluasi yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Jul 2017 01:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50638

Actions (login required)

View Item View Item