LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA BROSOT I

Maria Ulfah, Maria Ulfah (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA BROSOT I. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL ULFAH.pdf

Download (838kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan tersebut diagar agar mahasiswa sebagai calon guru dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran mulai dari menyiapkan rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, membuat alat penilaian, mengevaluasi hasil pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran itu sendir, serta mengembangan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Hal tersebut merupakan bekal mahasiswa kelak menjadi seorang guru yang dapat mentransferkan ilmunya dengan baik dan menjadi tauladan yang baik untuk anak didiknya. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan ini dilaksanakan selama 2 bulan yang dimulai dari 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Sebelum diadakan kegiatan PPL ini mahasiswa melakukan microteaching. Mahasiswa mengajar temannya sendiri yang seolah-olah menjadi anak TK. Hal itu dilakukan terlebih dahulu agar kemampuan mengajar mahasiswa lebih terasah. Sekolah yang digunakan untuk mahasiswa melakukan Praktek Pengalaman Lapangan adalah sekolah yang dipilih oleh mahasiswa sendiri. Pada tahun ini teman-teman memilih dua daerah yaitu di daerah Bantul dan Kulonprogo. Salah satu TK yang dipilih yaitu di TK ABA Brosot I yang terletak di Klampok, Brosot, Galur, Kulonprogo. TK ABA Brosot I memiliki kepala sekolah dan tiga guru. Sarana dan prasana yang berada disana cukup menudukung segala kegiatan untuk mengembangkan pembelajaran. Sekolah memberikan sambutan dan bimbingan yang baik serta memberikan kesempatan mahasiswa untuk menerapkan dan mengembangan ilmu yang dimiliki mahasiswa. Selain itu, mahasiswa juga banyak mendapatkan pengalaman selama melakukan PPL. Sebelum melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan, mahasiswa mendapatkan RPPH dari sekolah. Sekolah menggunakan RPPH yang telah dibuat TIM Kurikulum se-Kulonprogo, sehingga semua TK ABA yang berada di Kulonprogo menggunakan RPPH yang sama. Selanjutnya, mahasiswa memperbaik RKH dari sekolah dan mengkonsultasikan kepada guru. Apabila RPPH sudah siap, mahasiswa menyiapkan media dan alat peraga. Media yang digunakan ukurannya lebih besar agar dapat dilihat oleh seluruhan anak. media juga harus dibuat semenarik mungkin agar anak-anak tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Selama kegiatan mengajar, mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru. Selesai mengajar guru memerikan evaluasi untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, proses pembelajaran, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian Praktek Pengalaman Lapangan dapat berjalan dengan baik karena dukungan dan kerjasama antara sekolah dan mahasiswa terjalin dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Jul 2017 00:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50635

Actions (login required)

View Item View Item