LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA BROSOT I

Titin Lastutiasih, Titin Lastutiasih (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA BROSOT I. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL TITIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa sebagai calon guru dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran dimulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri, serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa diwajibkan melakukan praktek pembelajaran mikro terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dalam mengajar. Sekolah tempat mahasiswa melakukan Praktek Pengalaman Lapangan adalah sekolah yang telah bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta yaitu TK ABA Brosot I yang terletak di Klampok, Brosot, Galur, Kulon Progo. TK ABA Brosot I memiliki tenaga pendidik yang professional dan sarana dan prasarana yang cukup mendukung segala kegiatan dalam rangka mengembangkan kegiatan pembelajaran. Mahasiswa mendapatkan bimbingan dari sekolah dengan baik serta diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan PPL. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan mahasiswa melakukan observasi pembelajaran. RPPH yang digunakan di TK ABA Brsost I berasal dari RPPH yang dibuat tim kurikulum satu gugus. RPPH tersebut yang kemudian juga digunakan mahasiswa dalam praktek mengajar terbimbing dan praktek mengajar mandiri. Sebelum mahasiswa mengajar, RPPH yang didapat dari sekolah tersebut terlebih dahulu dikonsultasikan untuk mengetahui apakah ada perbaikan yang perlu dilakukan. Bila seluruh rencana kegiatan telah siap, mahasiswa mempersiapkan media dan alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran. Media yang akan digunakan dibuat dalam ukuran besar (contoh) agar dapat dilihat oleh seluruh siswa dengan baik. Seluruh media dibuat semenarik mungkin agar anak tertarik untuk belajar. Kegiatan yang akan dilakukan anak juga harus dibuat berbeda agar anak tidak mudah jenuh dalam proses pembelajaran. Dalam kegitan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Evaluasi yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Jul 2017 00:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50634

Actions (login required)

View Item View Item