LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA BROSOT 1

Rahayu Prihantina, Rahayu Prihantina (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA BROSOT 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL RAHAYU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mencari pengalaman secara langsung. Penyelanggaraan kegiatan PPL ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 - 15 September 2016. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa diwajibkan melakukan praktek pembelajaran mikro terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dalam mengajar. Sekolah tempat mahasiswa melakukan Praktek Pengalaman Lapangan adalah sekolah yang telah bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta khususnya dengan LPPMP UNY yaitu TK ABA BROSOT 1 yang terletak di daerah Klampok, Brosot, Galur, Kulonprogo. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja, selain itu kegiatan PPL juga bertujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan mahasiswa mendapatkan Rencana Kegiatan Mingguan kemudian mengembangkan kegiatan dan media serta kelengkapan lainnya dan menyusunnya ke dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH). Dalam kegitan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas kemudian dilakukan evaluasi yang diberikan oleh guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah. Praktik PPL mahasiswa S1 PG-PAUD diharapkan mahasiswa mampu memberikan kontribusi perubahan baik dari sisi gaya mengajar, bahasa yang digunakan, sampai pada menentukan tujuan pembelajaran dengan pendekatan alternatif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jul 2017 08:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50630

Actions (login required)

View Item View Item