LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA BROSOT 1 KULON PROGO

Indah Listyaningrum, Indah Listyaningrum (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI TK ABA BROSOT 1 KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL INDAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalama Lapangan adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa sebagai calon guru dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran dimulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri, serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan selama 2 bulan. Sebelum kegiatan PPL ini dilaksanakan mahasiswa diwajibkan melakukan praktek pembelajaran mikro terlebih dahulu agar dapat mengasah kemampuan dalam mengajar. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan mahasiswa mendapatkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan kemudian mengembangkan kegiatan dan media serta kelengkapan lainnya dan menyusunnya ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). RPPH yang telah disusun terlebih dahulu dikonsultasikan untuk mengetahui apakah ada perbaikan yang perlu dilakukan. Bila seluruh rencana kegiatan telah siap, mahasiswa mempersiapkan media dan alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran. Media yang akan digunakan dibuat dalam ukuran besar dan dibuat semenarik mungkin agar anak tertarik untuk belajar. Kegiatan yang akan dilakukan anak juga harus dibuat berbeda agar anak tidak mudah jenuh dalam proses pembelajaran. Kegiatann Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dibagi menjadi 3 yaitu praktik mengajar terbimbing 1, praktik mengajar terbimbing 2, praktik mengajar mandiri, ujian praktek mengajar 1, ujian praktek mengajar 2. Dalam kegitan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Evaluasi yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50618

Actions (login required)

View Item View Item