LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

NOVI AISAH, NOVI AISAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241051_Novi Aisah_PG PAUD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mencari pengalaman secara langsung dan menerapkan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan. Penyelanggaraan kegiatan PPL ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Pada kegiatan PPL UNY kali ini untuk Prodi PG PAUD mengambil tempat di Kecamatan Galur, tepatnya di TK Negeri Pembina Galur yang diselenggarakan selama 2 bulan yang dimulai pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. TK Negeri Pembina Galur ini terletak di Padukuhan IV Klampok, Brosot, Galur, Kulon Progo. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya untuk dapat diterapkan dalam dunia kerja kelak. Pelaksannan PPL diawali dengan observasi lembaga pendidikan yang akan digunakan untuk PPL yaitu dengan melihat potensi yang ada disekolah tersebut yang meliputi tenaga pendidik, sarana dan prasarana, lingkungan dan bagaimana kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut, selanjutnya tahap pelaksannan PPL, sebelum melaksanakan kegiatan PPL mahasiswa telah dibekali pengalaman melelui mikro teaching, pelaksannan progam PPL yang meliputi progam pengajaran di sekolah, kegiatan pengajaran dilakukan di 4 kelas yaitu kelas A satu kelas dengan jumlah siswa 17 anak dan kelas B tiga kelas dengan jumlah siswa 50 anak. Masing-masing mahasiswa memiliki kesempatan mengajar sebanyak delapan kali yaitu empat kali mengajar terbimbing dan empat kali mengajar mandiri sekaligus ujian. Selain program pengajaran, mahasiswa juga merancang program nonpengajaran sebagai program yang mendukung pembelajaran. Di bidang pendidikan ada 12 program, yaitu Perapian Administrasi, Perapian Perpustakaan, Pendampingan Ekstrakurikuler, Parenting, Diskusi (Rapat), Jumat Bersih, Bimbingan PPL, Pendampingan Ekstra & Senam, Pendampingan Pentas Seni HUT RI dan Lomba HUT RI. Pada bidang lingkungan ada program, yaitu Revitalisasi Alat Main, Revitalisasi Taman Lalu Lintas, dan Penataan ruang kelas & Hias Kelas. Sedangkan pada bidang pengembangan akademik ada 2 program, yaitu parenting dan lomba memperingati HUT RI. Kegiatan PPLyang dilaksanakan di TK Negeri Pembina Galur dapat berjalan secara lancar dan baik berkat bantuan semua pihak antara lain Dosen Pembimbing Lapangan, Guru, peserta didik dan seluruh warja sekolah. Setelah pelaksanaan progam PPL mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan hasil kegiatan PPL yang telah diaksanakan selama dua bulan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: TK NegeriPembina Galur, PPL, program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jul 2017 03:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50609

Actions (login required)

View Item View Item