LAPORAN PPL LOKASI TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO

Yanuri Pangestuti, Yanuri Pangestuti (2016) LAPORAN PPL LOKASI TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241050_Yanuri Pangestuti_PG PAUD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah PPL mengharuskan mahasiswa terjun langsung di sekolah atau instansi untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh dari materi perkuliahan. Mahasiswa belajar untuk merencanakan kegiatan, mengembangkan media pembelajaran untuk mengajar, melaksanakan rencana kegiatan yang telah dibuat, dan membuat alat penilaian serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Kegiatan PPL periode ini, dilaksanakan dari tanggal 15 Juli s/d 15 September 2016. Kegiatan PPL dilaksanakan menjadi 2 bagian yakni PPL I dan PPL II. PPL I dilaksanakan di sekolah yang dipilih yakni untuk melakukan observasi dan kegiatan rea pupil. PPL I juga dilakukan di kampus yakni melakukan peer teaching yang di dampingi atau dibimbung oleh DPL PPL. PPL II dilaksanakan di TK N Pembina Galur, Kulonprogo yang bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Dalam kegiatan PPL setiap mahasiswa wajib melakukan program pengajaran sebanyak 8 kali yakni 4 kali pengajaran terbimbing dan 4 kali pembelajaran mandiri. Mahasiswa wajib membuat perencanaan pembelajaran, media pembelajaran, hingga pada proses evaluasi. Sebelum mengajar mahasiswa wajib melakukan konsultasi dan bimbingan kepada guru pembimbing kelas. Mahasiswa diharapkan dapat membuat pembelajaran yang kreaif dan inovatif Selain program pengajaran, mahasiswa juga merancang program nonpengajaran sebagai program yang mendukung pembelajaran dan kualitas sekolah. Di bidang pendidikan ada 12 program, yaitu Perapian Administrasi, Perapian Perpustakaan, Pendampingan Ekstrakurikuler, Parenting, Diskusi (Rapat), Jumat Bersih, Bimbingan PPL, Pendampingan Ekstra & Senam, Pendampingan Pentas Seni HUT RI dan Lomba HUT RI. Pada bidang lingkungan ada program, yaitu Revitalisasi Alat Main, Revitalisasi Taman Lalu Lintas, dan Penataan ruang kelas & Hias Kelas. Sedangkan pada bidang pengembangan akademik ada 2 program, yaitu parenting dan lomba memperingati HUT RI. Secara umum semua program dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Namun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan sarana, kurangnya koordinasi dari kelompok PPL dengan pihak sekolah maupun pihak LPPMP. Peningkatan kualitas program PPL ini baik dari segi perencanaan, persiapan, pelaksanaan maupun evaluasi serta tindak lanjut program PPL ini perlu terus dilakukan guna dapat mewujudkan pelaksanaan program PPL yang lebih baik di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: TK Negeri Pembina Galur, PPL, program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jul 2017 03:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50608

Actions (login required)

View Item View Item