LAPORAN PPL LOKASI TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO

NUR ENDAH SAPUTRI, NUR ENDAH SAPUTRI (2016) LAPORAN PPL LOKASI TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241047_Nur Endah Saputri_PG PAUD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah PPL mengharuskan mahasiswa terjun langsung di sekolah atau instansi untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh dari materi perkuliahan. Mahasiswa belajar untuk merencanakan kegiatan, mengembangkan media pembelajaran untuk mengajar, melaksanakan rencana kegiatan yang telah dibuat, dan membuat alat penilaian serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Kegiatan PPL dilaksanakan menjadi 2 bagian yaitu PPL I dan PPL II. PPL I dimulai dengan pembelajaran mikro agar mahasiswa siap untuk mengajar di kelas yang sesungguhnya. Kemudian, mahasiswa menempuh real pupil teaching sebagai ujian dari PPL I. PPL II dilaksanakan kurang lebih 2 bulan yaitu dari tanggal 15 Juli s/d 15 September 2016. Lokasi PPL II yang telah dilaksanakan adalah TK Negeri Pembina Galur yang beralamat di Padukuhan IV Klampok Brosot,Galur, Kulon Progo. Tahun 2016 merupakan tahun pertama bagi TK Negeri Pembina Galur sebagai tempat PPL bagi mahasiswa PG-PAUD angkatan 2013. Setip mahasiswa wajib melakukan program pengajaran sebanyak 8 kali mengajar yaitu 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri sekaligus ujian. Mahasiswa mempersiapkan perencanaan kegiatan pembelajaran, media pembelajaran, Lembar Kerja Anak (LKA) jika dibutuhkan yang kemudian dikonsultasikan pada guru agar pembelajaran berjalan dengan baik. Evaluasi pembelajaran di kelas yang dibuat diantaranya penilaian harian anak, catatan hasil karya, dan catatan anekdot. Dalam pembelajaran, mahasiswa dipantau oleh guru kelas dan diberi nasihat ketika mahasiswa mempunyai kekurangan dalam mengajar. Nasihat yang diberikan oleh tiap guru akan meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Selain program pengajaran, mahasiswa juga merancang program nonpengajaran sebagai program yang mendukung pembelajaran dan kualitas sekolah. Di bidang pendidikan ada 12 program, yaitu Perapian Administrasi, Perapian Perpustakaan, Pendampingan Ekstrakurikuler, Parenting, Diskusi (Rapat), Jumat Bersih, Bimbingan PPL, Pendampingan Ekstra & Senam, Pendampingan Pentas Seni HUT RI dan Lomba HUT RI. Pada bidang lingkungan ada program, yaitu Revitalisasi Alat Main, Revitalisasi Taman Lalu Lintas, dan Penataan ruang kelas & Hias Kelas. Sedangkan pada bidang pengembangan akademik ada 2 program, yaitu parenting dan lomba memperingati HUT RI. Secara umum semua program dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Namun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan sarana, kurangnya koordinasi dari kelompok PPL dengan pihak sekolah maupun pihak LPPMP. Peningkatan kualitas program PPL ini baik dari segi perencanaan, persiapan, pelaksanaan maupun evaluasi serta tindak lanjut program PPL ini perlu terus dilakukan guna dapat mewujudkan pelaksanaan program PPL yang lebih baik di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: TK Negeri Pembina Galur, PPL, program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jul 2017 02:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50604

Actions (login required)

View Item View Item