LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO

IKA RETNANINGSIH, IKA RETNANINGSIH (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13111241042_Ika Retnaningsih_PG PAUD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa strata-1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari program PPL UNY adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan memahami permasalahan sekolah terkait dengan proses pembelajaran, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan yang telah didapat selama perkuliahan guna mengembangkan sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan kurang lebih 2 bulan guna untuk memberikan bekal bagi mahasiswa ketika kelak sudah menjadi guru. PPL I dimulai dengan pembelajaran mikro agar mahasiswa siap untuk mengajar di kelas yang sesungguhnya. Kemudian, mahasiswa menempuh PPL II untuk praktek mengajar di kelas yang sebenarnya. Sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan PPL II adalah TK Negeri Pembina Galur yang beralamat di Padukuhan IV Klampok Brosot,Galur, Kulon Progo. TK Negeri Pembina Galur baru saja bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta khususnya Pusat Pengembangan PPL dan PKL Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta selama di tahun ini. Tahun 2016 merupakan tahun pertama bagi TK Negeri Pembina Galur sebagai tempat PPL bagi mahasiswa PG-PAUD angkatan 2013. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan selama 8 kali mengajar, 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri sekaligus ujian. Untuk dapat mengajar dengan baik, mahasiswa membuat rencana kegiatan yang kemudian dikonsultasikan pada guru agar pembelajaran berjalan dengan baik. Kegiatan yang kreatif dan baru dirancang sedemikian rupa oleh mahasiswa agar anak-anak tertarik dan mau mengikuti pembelajaran dengan baik. Media maupun alat peraga yang dibuat dalam ukuran yang besar atau menggunakan benda asli agar dapat diindera oleh anak dengan baik. Dalam pembelajaran, mahasiswa dipantau oleh guru kelas dan diberi masukan ketika mahasiswa mempunyai kekurangan dalam mengajar. Masukan yang diberikan oleh tiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Selain program pengajaran, mahasiswa juga merancang program nonpengajaran sebagai program yang mendukung pembelajaran dan kualitas sekolah. Di bidang pendidikan ada 12 program, yaitu Perapian Administrasi, Perapian Perpustakaan, Pendampingan Ekstrakurikuler, Parenting, Diskusi (Rapat), Jumat Bersih, Bimbingan PPL, Pendampingan Ekstra & Senam, Pendampingan Pentas Seni HUT RI dan Lomba HUT RI. Pada bidang lingkungan ada program, yaitu Revitalisasi Alat Main, Revitalisasi Taman Lalu Lintas, dan Penataan ruang kelas & Hias Kelas. Sedangkan pada bidang pengembangan akademik ada 2 program, yaitu parenting dan lomba memperingati HUT RI.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: TK Negeri Pembina Galur, PPL, program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jul 2017 02:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50602

Actions (login required)

View Item View Item