Maria Della Strada Dea Meylinda, Maria Della Strada Dea Meylinda (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI 3 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
![]()
|
Image
002.jpg Download (572kB) | Preview |
|
![]() |
Text
JADWAL PELAJARAN.docx Download (42kB) |
|
![]() |
Text
DENAH.docx Download (19kB) |
|
![]() |
Text
Laporan Individu.docx Download (75kB) |
|
![]() |
Text
RPP.docx Download (54kB) |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan adalah salah satu mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa Strata 1 program studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini merupakan wadah untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah sebagai seorang pendidik. PPL menghadapkan pada interaksi langsung dengan siswa, guru, dan juga kultur sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan selama satu bulan terhitung dari tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Kegiatan PPL berlokasi di SD N 3 Pengasih. Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, kegiatan PPL diawali dengan kegiatan observasi. Kegiatan PPL tahun ini meliputi: observasi, pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, hingga evaluasi pembelajaran. Seluruh kegiatan tersebut dikoordinasi dan dikonsultasikan dengan guru pembimbing di sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dalam pelaksanaan PPL ini, penulis berkesempatan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas I, III, VI, II, IV. kurikulum yang digunakan di sekolah ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013, sehingga penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disesuaikan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada KTSP untuk II, III, V dan VI sedangkan kelas I dan IV menggunakan kurikulum 2013. Metode pembelajaran yang digunakan adalah demonstrasi, praktik, komando, diskusi. Sedangkan media pembelajaran yang digunakan adalah contoh orang sesungguhnya. Peralatan yang digunakan antara lain bola, kun, simpai dan peralatan olahraga lainnya. Dalam ketentuan PPL mahasiswa praktikan diwajibkan mengajar minimal 8 kali tatap muka dengan alokasi waktu setiap pertemuan adalah 4 x 35 menit. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu penulis mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas, serta evaluasi pembelajaran. Selain itu penulis juga mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dengan siswa, guru, dan warga sekolah lainnya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Praktik Pengalaman Lapangan, Perangkat Pembelajaran, Proses Pembelajaran |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 07 Jul 2017 04:31 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |