Khafid Pradana, Khafid Pradana (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Khafid Pradana_13108241184_PGSD Kelas.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PPL dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kepada siswa serta mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Selain itu, kegiatan PPL juga dimaksudkan untuk memperluas wawasan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam pemecahan masalah. Kegiatan PPL dilaksanakan di SD Negeri 2 Wates selama 2 bulan dimulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Pelaksanaan PPL dilakukan baik dikelas rendah maupun kelas tinggi. Program kegiatan PPL diawali dengan pembekalan yang dilaksanakan serentak di ruang Abdullah Sigit bagi mahasiswa PPL Semester Khusus. Setelah mendapatkan pembekalan dari pihak kampus, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan observasi baik fisik maupun nonfisik melalui pengamatan dan wawancara dengan pihak sekolah. Observasi meliputi observasi perangkat pembelajaran, KBM, lingkungan sekolah, perilaku siswa, fasilitas pembelajaran, dll. Berdasarkan hasil observasi, dilakukan perancangan perumusan program kerja yang meliputi praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, ujian praktik mengajar, penyusunan RPP, pengembangan media pembelajaran, dan kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar serta kegiatan lain yang dapat membantu pihak sekolah. Semua program kerja yang telah direncanakan dapat terlaksana sesuai dengan target yang diharapkan walaupun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan. Hambatan yang banyak ditemui diantaranya kesulitan dalam pengkondisian kelas yang diakibatkan oleh perbedaan individu yang dimiliki siswa menjadikan suasana pembelajaran kurang kondusif. Kegiatan PPL diakhiri dengan penarikan oleh dosen pembimbing lapangan. Berdasarkan pelaksanaan PPL di SD Negeri 2 Wates, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan mengajarnya sebagai seorang calon pendidik. Selain itu, melalui kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman dalam menerapkan keterampilan yang dikuasai ke dalam pembelajaran di sekolah sebagai implementasi kompetensi profesionalisme guru. Mahasiswa juga dapat memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, dan dapat mengembangkan kepribadian sebagai calon pendidik di masa yang akan datan
| Item Type: | Monograph (Project Report) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: PPL, SD N 2 Wates |
| Subjects: | LPPMP |
| Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
| Depositing User: | LPPMP |
| Date Deposited: | 07 Jul 2017 03:52 |
| Last Modified: | 01 Oct 2019 11:36 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
