LAPORAN INDIVIDU PRAKTIKPENGALAMANLAPANGAN(PPL) LOKASI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Khairudin Bahari, Khairudin Bahari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIKPENGALAMANLAPANGAN(PPL) LOKASI SMK NEGERI 2 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
04_13501241007_Khairudin Bahari_PT Elektro.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2016 yang berlokasi di SMK Negeri 2 Pengasih telah dilaksanakan mulai pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Sebelum pelaksanaan PPL di sekolah, terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan observasi. Observasi ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PPL yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengetahui karakter siswa, dan mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Begitu pula dengan kegiatan konsultasi atau bimbingan dengan guru pembimbing dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan PPL. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL), yaitu kelas XI TIPTL 1 dan kelas XI TIPTL 3 dengan mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Praktik mengajar dikelas sebanyak 16 kali tatap muka. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar, dan evaluasi hasil belajar. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun tugas-tugas lain (pendampingan ekstrakurikuler dan administrasi sekolah). Pengalaman yang diperoleh selama PPL adalah: (1) pengalaman situasi dan kondisi nyata dalam kelas dengan berbagai permasalahan yang terjadi, (2) mengenali berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah, (3) mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik baik pada lembaga pendidikan kejuruan maupun lembaga diklat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, SMK N 2 Pengasih, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jul 2017 08:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50508

Actions (login required)

View Item View Item