Fadila Dyah Rahmawati, Fadila Dyah Rahmawati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Fadila Dyah- P. Matematika.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 pendidikan untuk memperoleh gelar sarjana Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL (Praktek pengalaman lapangan) bertujuan untuk memberikan pengalaman praktek lapangan yang nyata untuk membentuk sikap mandiri dan tanggung jawab dalam pelaksanaan pekerjaan di lapangan. PPL merupakan kegiatan mengajar dan mengembangkan pengetahuan di lembaga pendidikan yang juga merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Pelaksanaan PPL dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 di SMA Negeri 9 Yogyakarta. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 20 mahasiswa dari 10 program studi, yaitu Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Perancis, Bimbingan Konseling dan PJKR. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman secara nyata tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi guru profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang baik. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Negeri 9 Yogyakarta antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama di bangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 9 Yogyakarta, mahasiswa mendapat kesempatan mengajar dikelas X MIPA 5 serta asistensi teman sejawat di kelas X MIPA 2. Materi yang diajarkan meliputi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak, pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak lepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telahmemberikan kesempatan kepada mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : PPL, Pendidikan Matematika, SMA Negeri 9 Yogyakarta |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 06 Jul 2017 06:04 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |