Fitriyanta, Jaka (2017) HUBUNGAN INDEKS KEBUGARAN DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA SD. S1 thesis, UNY.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
Bagian depan.pdf Download (636kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kebugaran, tingkat konsentrasi belajar, dan hubungan faktor tersebut pada siswa kelas 3 SDIT Luqman Al Hakim. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDIT Luqman Al Hakim yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian observasional, dengan desain studi cross sectional. Teknik sampling menggunakan purposive sampling yaitu responden harus memenuhi kriteria inklusi meliputi sehat, ditemui saat penelitian dan bersedia sebagai responden untuk diukur indeks kebugaran dan konsentrasi belajarnya. Instrumen pada penelitian ini adalah Tes Kebugaran Jasmani (TKJI) umur 7-9 tahun untuk mengukur indeks kebugaran, tes Bourdon Wiersma untuk mengukur konsentrasi belajar, dan angket untuk mengetahui jumlah aktivitas olahraga anak. Teknik analisis data indeks kebugaran dan tingkat konsentrasi belajar dengan analisis deskriptif sedangkan hubungan faktor tersebut menggunakan program SPSS yaitu uji korelasi non parametrik Spearman. Hasil penelitian menunjukkan indeks kebugaran paling banyak pada kategori sedang, konsentrasi belajar paling banyak adalah lebih dan r = 0,004 artinya P < 0,05 dan nilai output koefisien korelasi (correlation coeficient) sebesar -0,494 yang berarti adanya hubungan signifikan antara kebugaran dengan konsentrasi belajar pada anak SD usia 7-9 tahun. Kata kunci : indeks kebugaran, tingkat konsentrasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 07 Jul 2017 01:29 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50450 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |