LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID

Raditya Arga Putra, Raditya Arga Putra (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13202244019_RADITYA A. P (P. Bahasa Inggris).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program PPL adalah program kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan, meningkatkan dan memperdalam keterampilan mahasiswa yang terkait dengan praktik mengajar dan persekolahan sebagai calon pendidik kedepannya. Dengan demikian kegiatan PPL harus lebih menekankan ketrampilan mahasiswa dalam bidang keguruan, baik itu kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan manajemen sekolah. Pemilihan lokasi PPL disesuaikan dengan ketersediaan kebutuhan sekolah terkait tentang mata pelajaran yang yang disarankan di sekolah negeri. Oleh karena itu tidak semua sekolah dijadikan tempat pelaksanaan PPL oleh UNY sebagai pelaksana. SMA N 1 Kota Mungkid adalah sekolah negeri yang terletak di Kabupaten Magelang. SMA N 1 Kota Magelang dipilih karena mahasiswa sebelumnya telah bersepakat dengan teman sejurusan untuk melakukan PPL di SMA N 1 Kota Mungkid. SMA N 1 Kota Mungkid memiliki fasilitas, sarana dan prasarana yang memadahi untuk mendukung kegiatan PPL maupun proses belajar mengajar setiap hari. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk memberikan gambaran nyata bagi mahasiswa mengenai situasi kelas yang sebenarnya. Mahasiswa berperan sebagai pengajar selama 2 bulan untuk melakukan kegiatan praktik lapangan dalam kelas. Kegiatan utama mahasiswa selama PPL meliputi persiapan seperti pelaksanaan micro-teaching, membuat RPP, menganalisis silabus, membuat media dan metode pembelajaran serta pelaksanaan langsung. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan saintifik yang mengutamakan lima indikator dari mulai mengamati hingga mempresentasikannya. Pembelajaran dilakukan secara mandiri dan team-teaching. Hasil dari kegiatan ini diharapkan agar mahasiswa mampu mengelola kelas, menganalisis nilai, dan melakukan pengajaran dengan bimbingan dari guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan DPL PPL jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, sehingga dapat meningkatkan pengalaman pengajaran dalam kelas serta bersosial dalam lingkungan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: kata kunci : PPL, Bahasa Inggris, Kelas
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jul 2017 00:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50436

Actions (login required)

View Item View Item