LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 KLATEN

Qonita Fitriani Sarie, Qonita Fitriani Sarie (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
qonita.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program S1 kependidikan. Program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; member kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam pembelajaran di sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 18 Juli – 17 September 2016 di SMK Negeri 3 Klaten. Mata Pelajaran yang diampu adalah Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia (P2MI) kelas XI JB 1 dan Tata Hidang XI JB 3. Praktik mengajar dilakukan sebanyak enam kali pertemuan untuk mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia (P2MI) yang terdiri dari satu kali mengajar teori dan 3 kali mengajar praktik terbimbing, serta satu kali teori mandiri. Untuk mata pelajaran Tata Hidang dilakukan sebanyak lima kali pertemuan yang terdiri dua kali mengajar teori dan praktik terbimbing dan tiga kali mengajar teori dan praktik mandiri. Mahasiswa mengampu dua kelas yakni XI JB 1 pada hari selasa dengan total mengajar 7 jam pelajaran dalam 1 minggu sedangkan XI JB 3 pada hari jumat dengan total jam mengajar 5 jam pelajar. Total keseluruhan mengajar dalam 1 bulan yakni 48 jam. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan sebelum mengajar meliputi penyusunan RPP, penyusunan materi ajar, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran, dan pembuatan soal evaluasi. Secara keseluruhan kegiatan PPL terlaksana dengan baik meskipun terdapat hambatan-hambatan selama pelaksanaan kegiatan. Hambatan – hambatan selama pelaksanaan diharapkan dapat menambah pengalaman mahasiswa sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi diri di bidang pendidikan. Selain itu kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara pihak sekolah dan pihak universitas diharapkan dapat terjalin lebih erat dan dapat ditingkatkan lagi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, SMK Negeri 3 Klaten.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jul 2017 04:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50392

Actions (login required)

View Item View Item