Nur Yahyani, Mei Linda (2017) RAGAM PERTANYAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI PELAKSANA KURIKULUM 2013 DI KOTA YOGYAKARTA BERDASARKAN SIFAT MATERINYA. S1 thesis, UNY.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (713kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (29kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam pertanyaan peserta didik dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA Negeri Pelaksana Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta berdasarkan sifat materinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kuantitatif menggunakan metode observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri pelaksana kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan data yaitu mendata pertanyaan peserta didik yang muncul pada saat pembelajaran berlangsung. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi pertanyaan peserta didik, dan alat perekam video (handycam dan tripod). Teknik analisis data berupa coding yaitu setiap pertanyaan dikelompokkan ke dalam ranah kognitif, afektif, atau keterampilan proses sains. Ranah kognitif meliputi jenjang C1-C6, ranah afektif meliputi jenjang A1-A5, sedangkan ranah keterampilan proses sains meliputi jenjang K1-K9. Langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis statistika deskriptif menggunakan Microsoft Excel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pertanyaan pada materi pelajaran biologi yang fenomenanya dapat diamati secara langsung mempunyai sebaran ranah kognitif pada jenjang C1-C6 dengan pertanyaan yang mendominasi C1-C2; pertanyaan afektif muncul pada jenjang A1-A4, dengan pertanyaan yang mendominasi A2; dan pertanyaan ranah keterampilan proses sains muncul pertanyaan K1 dan K5. Sedangkan materi pelajaran biologi yang fenomenanya tidak dapat diamati secara langsung mempunyai sebaran pertanyaan ranah kognitif pada jenjang C1-C5 dengan pertanyaan yang mendominasi C4; pertanyaan afektif muncul pada jenjang A2; dan pertanyaan ranah keterampilan proses sains muncul pertanyaan K1. Penelitian belum optimal karena (1) pada sifat materi pelajaran yang sama terdapat variasi metode dan media, (2) hanya dilakukan penelitian di 3 dari 4 SMA Negeri pelaksana kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta karena keterbatasan perizinan dan waktu penelitian, serta (3) peneliti hanya melakukan observasi kelas secara klasikal sehingga pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dalam kelompok tidak terdokumentasi. Kata kunci: pertanyaan, peserta didik, kurikulum 2013, sifat materi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 06 Jul 2017 01:22 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |