RAGAM PERTANYAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI PELAKSANA KURIKULUM 2013 DI KOTA YOGYAKARTA BERDASARKAN SIFAT MATERINYA

Nur Yahyani, Mei Linda (2017) RAGAM PERTANYAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI PELAKSANA KURIKULUM 2013 DI KOTA YOGYAKARTA BERDASARKAN SIFAT MATERINYA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam pertanyaan peserta didik dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA Negeri Pelaksana Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta berdasarkan sifat materinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kuantitatif menggunakan metode observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri pelaksana kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan data yaitu mendata pertanyaan peserta didik yang muncul pada saat pembelajaran berlangsung. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi pertanyaan peserta didik, dan alat perekam video (handycam dan tripod). Teknik analisis data berupa coding yaitu setiap pertanyaan dikelompokkan ke dalam ranah kognitif, afektif, atau keterampilan proses sains. Ranah kognitif meliputi jenjang C1-C6, ranah afektif meliputi jenjang A1-A5, sedangkan ranah keterampilan proses sains meliputi jenjang K1-K9. Langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis statistika deskriptif menggunakan Microsoft Excel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pertanyaan pada materi pelajaran biologi yang fenomenanya dapat diamati secara langsung mempunyai sebaran ranah kognitif pada jenjang C1-C6 dengan pertanyaan yang mendominasi C1-C2; pertanyaan afektif muncul pada jenjang A1-A4, dengan pertanyaan yang mendominasi A2; dan pertanyaan ranah keterampilan proses sains muncul pertanyaan K1 dan K5. Sedangkan materi pelajaran biologi yang fenomenanya tidak dapat diamati secara langsung mempunyai sebaran pertanyaan ranah kognitif pada jenjang C1-C5 dengan pertanyaan yang mendominasi C4; pertanyaan afektif muncul pada jenjang A2; dan pertanyaan ranah keterampilan proses sains muncul pertanyaan K1. Penelitian belum optimal karena (1) pada sifat materi pelajaran yang sama terdapat variasi metode dan media, (2) hanya dilakukan penelitian di 3 dari 4 SMA Negeri pelaksana kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta karena keterbatasan perizinan dan waktu penelitian, serta (3) peneliti hanya melakukan observasi kelas secara klasikal sehingga pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dalam kelompok tidak terdokumentasi. Kata kunci: pertanyaan, peserta didik, kurikulum 2013, sifat materi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 14:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50381

Actions (login required)

View Item View Item