LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Nisrina Kartika Wulan, Nisrina Kartika Wulan (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nisrina Kartika Wulan (13405241037 - Pend. Geografi).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan PPL di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik di masa mendatang. Praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai calon guru bagi bangsa ini. Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL melalui beberapa tahap yaitu pertama PPL I atau observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing-masing. Tahap berikutnya adalah pelaksaanaan PPL II yaitu kegiatan mengajar di kampus bersama dosen mikro dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktek mengajar di sekolah. PPL III dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 18 Juli sampai dengan 16 Sepember 2016. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas XI IPS sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing (pamong). Dalam praktek mengajar ini dilakukan berbagai persiapan mulai dari tahap persiapan seperti penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Penyusunan Program Semester, Program Tahunan, Kegiatan Belajae Mengajar (KBM), Ulangan Harian, Pembuatan Analisi Butir Soal dan Evaluasi. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 8 kali pertemuan. Hasil kegiatan PPL memberikan cukup pengalaman bagi praktikan untuk mengajar. Pelaksanaan PPL dirasa dapat memberikan bekal pada praktikan mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansi. Hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal. Sehingga pada masanya nanti, praktikan lulusan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah mantap dan luwes untuk menjadi seorang pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, SMA Negeri 10 Yogyakarta, Geografi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Jul 2017 01:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50358

Actions (login required)

View Item View Item