PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN PERMAINAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XA SMA N 1 GAMPING SLEMAN D.I YOGYAKARTA

Ayuningtyas, Diah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN PERMAINAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XA SMA N 1 GAMPING SLEMAN D.I YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DIAH AYUNINGTYAS_13804244003.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas X A SMAN 1 Gamping tahun ajaran 2016/2017melalui pembelajaran kooperatif teknik Student Team Achivement Divisions (STAD) dengan permainan edukatif talking stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini bersifat partisipatif dan kolaboratif, sehingga peneliti sebagai pengamat dan guru mata pelajaran sebagai pelaksana tindakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data pada penelitian ini berpedoman pada model analisis Miles dan Huberman. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 1 Gamping. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Motivasi peserta didik dilihat dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan pada motivasi belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Pada observasi, skor meningkat sebesar 15,23%. Hasil dari angket juga mengalami peningkatan sebesar 5,78%. Sehingga peningkatan rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 10,5 %. Prestasi belajar peserta didik diukur dengan menggunakan tes tertulis menggunakan soal pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar dari siklus I ke siklus II. Peningkatan prestasi belajar ditandai dengan bertambahnya peserta didik yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan. Persentase peningkatan prestasi belajar peserta didik secara keseluruhan sebesar 65,97%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan perpaduan permainan edukatif talking stick dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar ekonomi peserta didik Kelas XA SMA N 1 Gamping Sleman D.I Yogyakarta. Kata Kunci: Student Team Achievement Divisions(STAD), Talking stick, Motivasi belajar, Prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:23
Last Modified: 06 Jul 2017 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50350

Actions (login required)

View Item View Item