Saputri, Herwati Dian and Hartono, Hartono (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERBASIS MASALAH UNTUK KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
1. Judul.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB 2.pdf Download (795kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB 3.pdf Download (466kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
6. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
|
![]() |
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VIII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa 4 RPP dan 2 LKS matematika pada materi SPLDV untuk kelas VIII SMP dengan metode pembelajaran problem based learning. Penelitian pengambangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan ADDIE, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS oleh dosen ahli untuk aspek kevalidan, lembar penilaian siswa dan lembar penilaian guru untuk aspek kepraktisan, serta lembar penilaian observasi kegiatan guru dan siswa dan juga tes hasil belajar berupa 5 soal uraian untuk aspek keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan valid karena RPP memenuhi kriteria sangat baik sedangkan LKS memenuhi kriteria baik. Produk yang dihasilkan praktis berdasarkan berdasarkan hasil penilaian guru yang memenuhi kriteria sangat baik sedangkan hasil penilaian siswa memenuhi kriteria baik, dan berdasarkan penilaian observasi pembelajaran guru dan siswa yang memenuhi kriteria baik. Sementara itu, persentase ketuntasan belajar adalah 90,62%, sehingga produk yang dihasilkan efektif. Kata kunci: RPP, LKS, pengembangan, pembelajaran berbasis masalah, SPLDV.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 17 Jul 2017 03:19 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50336 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |