PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERBASIS MASALAH UNTUK KELAS VIII SMP

Saputri, Herwati Dian and Hartono, Hartono (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERBASIS MASALAH UNTUK KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
1. Judul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 2.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 3.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VIII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa 4 RPP dan 2 LKS matematika pada materi SPLDV untuk kelas VIII SMP dengan metode pembelajaran problem based learning. Penelitian pengambangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan ADDIE, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKS oleh dosen ahli untuk aspek kevalidan, lembar penilaian siswa dan lembar penilaian guru untuk aspek kepraktisan, serta lembar penilaian observasi kegiatan guru dan siswa dan juga tes hasil belajar berupa 5 soal uraian untuk aspek keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan valid karena RPP memenuhi kriteria sangat baik sedangkan LKS memenuhi kriteria baik. Produk yang dihasilkan praktis berdasarkan berdasarkan hasil penilaian guru yang memenuhi kriteria sangat baik sedangkan hasil penilaian siswa memenuhi kriteria baik, dan berdasarkan penilaian observasi pembelajaran guru dan siswa yang memenuhi kriteria baik. Sementara itu, persentase ketuntasan belajar adalah 90,62%, sehingga produk yang dihasilkan efektif. Kata kunci: RPP, LKS, pengembangan, pembelajaran berbasis masalah, SPLDV.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:19
Last Modified: 30 Jan 2019 14:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50336

Actions (login required)

View Item View Item