IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMINAN TIC TAC TOE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN AJARAN 2016/2017

Widyastuti, Novita Anggraini (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMINAN TIC TAC TOE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Novita (13804241033).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan minat belajar ekonomi siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Sewon melalui implementasi model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT) dengan permainan Tic Tac Toe. (2) Meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Sewon melalui implementasi model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT) dengan permainan Tic Tac Toe. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. Kegiatan penelitian model ini meliputi 4 kegiatan yaitu: penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 SMA N 1 Sewon yang terdiri dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengambil data mengenai minat belajar ekonomi siswa. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengambil data mengenai proses pembelajaran ekonomi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dengan permainan Tic Tac Toe dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X MIA 4 SMA N 1 Sewon melalui rangkaian perbaikan siklus. hasil belajar ekonomi siswa X MIA 4 SMA N 1 Sewon menunjukkan bahwa sejumlah 15 dari 35 siswa atau 42.857% siswa telah mencapai KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 31 dari 35 siswa atau 88.571% siswa telah mencapai KKM. Siswa yang masuk dalam kategori minat tinggi pada siklus I sejumlah 5 siswa atau 14.286%. Pada siklus II mengalami peningkatan, yakni sejumlah 32 siswa atau 91% siswa masuk dalam kategori minat tinggi. Kata Kunci: model pembelajaran Team Game Tournament, permainan Tic Tac Toe, minat belajar ekonomi, hasil belajar ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:16
Last Modified: 30 Jan 2019 14:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50329

Actions (login required)

View Item View Item