LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Juwita Imaningtyas, Juwita Imaningtyas (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL JUWITA I.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa telah melaksanakan Praktik Pengalaman Mengajar (PPL) di SMA Negeri 1 Purworejo yang dimulai dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Praktik Pengalaman Mengajar (PPL) yang dilaksanakan selama dua bulan ini memiliki tujuan, yaitu membekali mahasiswa dengan pengalaman nyata tentang kegiatan kependidikan di sekolah, mengembangkan diri menjadi tenaga pendidik yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Mahasiswa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang terdiri dari observasi pembelajaran di kelas, pembuatan perangkat pembelajaran, dan praktik mengajar. Praktik mengajar terdiri dari praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri. Selain mengajar di kelas, penulis juga menjalankan kegiatan-kegiatan di luar kelas yang merupakan kegiatan-kegiatan non-mengajar. Penulis melakukan praktik mengajar dari tanggal 26 Juli 2016 sampai 9 September 2016. Terdapat lima kelas yang diampu oleh penulis yang meliputi kelas XI MIA 4, XI MIA 5, XI MIA 6, XI MIPA 8 dan XI IBB. Penulis melakukan praktik mengajar sebanyak 34 kali pertemuan. Praktik mengajar terbimbing dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan, sedangkan praktik mengajar mandiri sebanyak 32 kali pertemuan. Masing-masing pertemuan berjalan selama 90 menit atau 2 jam pelajaran Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah terlaksana dengan baik. Kendala yang ditemui oleh praktikan saat melaksanakan PPL, yaitu: (1) dari praktikan, volume suara yang kurang keras di awal-awal pertemuan. (2) pelaksanaan PPL yang dilaksanakan bersamaan dengan KKN membuat kondisi fisik praktikan melemah saat pelaksanaan PPL. Saran dari praktikan untuk keberhasilan PPL yaitu perlunya kerjasama yang baik antara pihak universitas, sekolah dan praktikan sehingga praktikan dapat menyiapkan diri, baik secara fisik maupun mental serta meningkatkan keterampilan dalam mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), pembelajaran, dan pengajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 08:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50318

Actions (login required)

View Item View Item