LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Bulan Arti Rizki, Bulan Arti Rizki (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Kata Pengantar Halaman Pengesahan.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN dan RPP Fix.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Mingguan Pelaksanaan PPL Fix.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Matriks Program Kerja Individu Fix.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEMBAGIAN TUGAS GURU Fix.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SILABUS Fix.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah wajib bagi prodi rumpun pendidikan. Praktik ini diilaksanakan tiap tahun di semester khusus selama kurang lebih 2 bulan. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa calon pendidik mengenai kehidupan di sekolah sebagai guru. Praktik ini penting dilaksanakan karena sebagai guru tidak hanya mengajar, melainkan mendidik generasi muda menjadi generasi harapan bangsa. Dalam PPL ini, mahasiswa tidak hanya mengajar di kelas, akan tetapi juga mendapatkan pengalaman dalam berbagai kegiatan di sekolah yang tidak berhubungan dengan pengajaran maupun jurusan yang ditekuni mahasiswa di kampus, namun menjadi bekal sekaligus gambaran tugas guru ketika menjadi pendidik. SMA Negeri 1 Purworejo sebagai tempat praktik penulis merupakan salah satu sekolah rujukan dan favorit di daerahnya. Fasilitas belajar yang lengkap, keadaan fisik sekolah yang aman dan nyaman, serta kondisi peserta didik pilihan yang memiliki kecerdasan rata-rata lebih tinggi dibandingkan sekolah sederajat lainnya, membuat mahasiswa PPL di sekolah ini mendapatkan pengalaman kehidupan sekolah yang banyak diidamkan para guru. Selain itu, di sekolah ini penulis tidak hanya sekadar mengajar, akan tetapi juga turut serta dalam kegiatan-kegiatan sekolah menjelang HUT RI. Kelas praktik penulis adalah kelas X MIA 6 dan X MIA 8. Kedua kelas ini, sebagaimana kelas-kelas yang lain, memiliki tingkat persaingan akademik yang tinggi dan sehat. Keadaan ini sangat memudahkan penulis dalam mengajar. Seluruh peserta didik menunjukkan semangat belajar yang tinggi dan antusias terhadap segala media dan metode pembelajaran yang disajikan penulis. Pada PPL ini, penulis juga mendapatkan kesempatan mengajar di kelas XI IBB dan XII IBB.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, SMA N 1 Purworejo, Bahasa Jerman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 08:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50315

Actions (login required)

View Item View Item