LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Alvianti, Alvianti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover pdf.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dokumentasi pdf.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hlm Pengesahan - Abstrak pdf.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran - landscape pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran - portrait pdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan_Individu_PPL_ALVIANTI pdf.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL adalah salah satu mata kuliah wajib bagi jurusan rumpun pendidikan. Praktik ini dilangsungkan setiap semester khusus selama kurang lebih 2 bulan. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung dan nyata bagi mahasiswa/i calon tenaga pendidik mengenai kehidupan di sekolah sebagai guru. Praktik ini sangat penting dan mutlak diperlukan, karena profesi sebagai guru tidaklah sekadar mengajar, melainkan mendidik dan mencetak generasi muda menjadi generasi unggulan penerus bangsa. Praktik mengajar secara langsung juga memberikan dampak yang amat besar bagi mahasiswa PPL, baik secara fisik maupun psikis. Indah dan sulitnya mengajar tak bisa dikira-kira maupun dibandingkan dengan mata kuliah pengajaran mikro. Semuanya harus dirasakan dan dilakukan langsung di lapangan. Dalam PPL ini terangkum pula pengalaman-pengalaman mengurusi berbagai kegiatan sekolah yang tidak berhubungan dengan pengajaran maupun jurusan yang ditekuni mahasiswa di kampus, namun menjadi bekal sekaligus gambaran tugas guru ketika menjadi tenaga pendidik sungguhan nantinya. SMA Negeri 1 Purworejo sebagai tempat praktik penulis, merupakan sekolah paling favorit di Purworejo dan menjadi salah satu sekolah rujukan di Indonesia dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Fasilitas belajar yang lengkap, keadaan fisik sekolah yang aman dan nyaman, serta kondisi peserta didik pilihan yang memiliki tingkat intelektual rata-rata lebih tinggi dibandingkan sekolah sederajat lainnya, membuat mahasiswa PPL di sekolah ini mendapatkan pengalaman kehidupan sekolah yang banyak diidamkan tenaga pendidik. Kelas praktik penulis adalah kelas X IIS 1 dan X IBB. Kedua kelas ini, sebagaimana kelas-kelas yang lain, memiliki tingkat persaingan akademik yang tinggi dan sehat. Keadaan ini sangat memudahkan penulis dalam mengajar. Seluruh peserta didik menunjukkan semangat belajar yang tinggi dan antusias terhadap segala media dan metode pembelajaran yang disajikan penulis. Pada evaluasi ulangan harian, hampir semua peserta didik mendapatkan nilai yang baik meski diberikan soal ulangan dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Pada PPL ini, penulis juga mendapatkan kesempatan mengajar di kelas XI IBB dan XII IBB, kedua kelas ini juga menunjukkan persaingan akademik yang baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, SMAN 1 Purworejo, Bahasa Jerman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 07:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50313

Actions (login required)

View Item View Item