LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Rizka A Amalia, Rizka A Amalia (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ppl rizka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL adalah salah satu mata kuliah wajib bagi jurusan rumpun pendidikan. Praktik ini dilangsungkan setiap semester khusus selama kurang lebih 2 bulan. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung dan nyata bagi mahasiswa/i calon tenaga pendidik mengenai kehidupan di sekolah sebagai guru. Praktik ini sangat penting dan mutlak diperlukan, karena profesi sebagai guru tidaklah sekadar mengajar, melainkan mendidik dan mencetak generasi muda menjadi generasi unggulan penerus bangsa. Praktik mengajar secara langsung juga memberikan dampak yang amat besar bagi mahasiswa PPL, baik secara fisik maupun psikis. Indah dan sulitnya mengajar tak bisa dikirakira maupun dibandingkan dengan mata kuliah pengajaran mikro. Semuanya harus dirasakan dan dilakukan langsung di lapangan. Dalam PPL ini terangkum pula pengalaman-pengalaman mengurusi berbagai kegiatan sekolah yang tidak berhubungan dengan pengajaran maupun jurusan yang ditekuni mahasiswa di kampus, namun menjadi bekal sekaligus gambaran tugas guru ketika menjadi tenaga pendidik sungguhan nantinya. SMA Negeri 5 Purworejo sebagai tempat praktik penulis, merupakan tiga sekolah terbaik di kabupaten Purworejo. Fasilitas belajar yang lengkap dan keadaan fisik sekolah yang bersih, aman dan nyaman, yang menjadikan sekolah tersebut mewakili kabupaten Purworejo untuk mengikuti lomba Sekolah Sehat ke tingkat residen. Kelas praktik penulis adalah kelas X MIA 1. Kelas ini, sebagaimana kelaskelas yang lain, memiliki tingkat persaingan akademik yang tinggi dan sehat. Keadaan ini sangat memudahkan penulis dalam mengajar. Seluruh peserta didik menunjukkan semangat belajar yang tinggi dan antusias terhadap segala media dan metode pembelajaran yang disajikan penulis. Pada evaluasi ulangan harian, hampir semua peserta didik mendapatkan nilai yang baik meski diberikan soal ulangan dengan tingkat kesulitan yang tinggi.Pada PPL ini, penulis juga mendapatkan kesempatan mengajar di kelas X IBB dan XII IBB, kedua kelas ini juga menunjukkan persaingan akademik yang baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 07:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50312

Actions (login required)

View Item View Item