LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Nikma Husna, Nikma Husna (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
08 Laporan PPL_Nikma Husna_13301244024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah, mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini mahasiswa berkesempatan mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekadar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2016 yang berlokasi di SMP N 10 Magelang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Pada tahap persiapan, mahasiswa PPL UNY melakukan konsultasi dengan guru pembimbing, mengumpulkan dan menyusun materi pelajaran, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), membuat media pembelajaran, dan membuat alat evaluasi pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL, praktikan melaksanakan praktik mengajar di kelas VIIE dan juga melaksanakan kegiatan sekolah yang diselenggarakan oleh SMP negeri 10 Magelang. Pada tahap evaluasi mahasiswa melaksanakan konsultasi dengan guru pembimbing dan DPL, menyusun laporan, dan mengikuti acara penarikan PPL UNY. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Namun, semua itu merupakan sebuah proses untuk menjadi lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Praktikan juga dapat meningkatkan pengertian, pemahaman, dan penghayatan tentang pelaksanaan pendidikan, mendapat kesempatan untuk mempraktikan bekal yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses pembelajaran dan kegiatan pendidikan yang lain serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, Mahasiswa, SMP Negeri 10 Magelang.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 06:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50295

Actions (login required)

View Item View Item