LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Nasrulloh, Nasrulloh (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
01 Laporan PPL_Nasrulloh_12208241071.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu lembaga perguruan tinggi yang menciptakan tenaga pendidik profesional. Salah satu program yang diadakan oleh UNY untuk hal ini adalah kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL). PPL merupakan salah satu mata kuliah yang sifatnya wajib untuk ditempuh oleh mahasiswa program S1 kependidikan dengan bobot mata kuliah 3 sks. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang mencakup praktik mengajar, cara menyiapkan rencana proses pembelajaran dan manajemen pengelolaan kelas. Dalam PPL ini terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain mengajar teori dan praktik di sekolah. Dalam kegiatan mengajar perlu dilakukan berbagai persiapan diantaranya adalah pembuatan administrasi guru, silabus, RPP, media pembelajaran dan lain-lain. Dalam praktik mengajar untuk mahasiswa progran studi Pendidikan Seni Musik diberi kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas XI A, XI B, XI C, XI D dan XI G dengan capaian mahasiswa dapat menerapkan dan menuangkan ilmunya di kelas dengan karakter mngajar yang berbeda beda, sehingga pengalaman dan wawasan semakin luas. Pelaksanaan praktik mengajar diambil dari jadwal guru pembimbing, dengan jadwal dan alokasi waktu jam pelajaran guru mata pelajaran Seni Musik. Adapun alokasi waktu mengajar mata pelajaran Seni Musik adalah 2 x 40 menit (2 JP). Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan bahan ajar yang akan diajarkan, belajar untuk mengatasi hambatan-hambatan yang muncul, saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan menjalin komunikasi yang baik antara semua pihak yang berkaitan, misalnya dengan Bapak/Ibu guru dan karyawan yang berada di SMP Negeri 10 Magelang. Untuk memperoleh hasil yang baik perlu ditingkatkan koordinasi antara LPPMP, DPL PPL dan sekolah agar dapat memberikan informasi yang akurat kepada praktikan PPL sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran. Komunikasi atau informasi dari LPPMP harus lebih dimaksimalkan dan lebih dipastikan sampai pada mahasiswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL 2016 dapat berjalan lancar. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2016 ini tidak terlepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, mahasiswa serta siswa SMP Negeri 10 Magelang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: UNY, PPL, SMP Negeri 10 Magelang.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 04 Jul 2017 06:11
Last Modified: 04 Jul 2017 06:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50288

Actions (login required)

View Item View Item