LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN PURWOREJO

Mujibu Rohman, Mujibu Rohman (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
MUJIBU NURROHMAN 13101244021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegiatan PPL II (Praktik Pengalaman Lapangan) UNY merupakan salah satu metode pembelajaran yang ditetapkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta wajib bagi mahasiswanya sebagai usaha peningkatan kualitas output maupun outcome sehingga mampu menghasilkan calon tenaga pendidik dan kependidikan yang baik, professional serta siap menghadapi tantangn baik dunia kerja danmengetahui kondisi rill dilapangan. Dalam hal ini bagi mahasisiswa administrasi pendidikan tentu yang di peroleh adalah pengalaman riil terkaid administrasi dan pendidikandi lembaga dan bagaimana kegiatan pendidikan berlangsung dalam lingkup kabupaten. Kegiatan PPL II ini penulis lasanakan di Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo. Penyusunan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi ke Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga kabupaten purworejo. Observasi dilakukan dengan metode wawancara, melihat data demografi, dan melihat langsug kondisi lapangan terkait aktivitas kegiatan di Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten purworejo khususnya di seksi Kurikulum dan Pengembangan dikdas kabupaten purworejo di mana penulis ditugaskan pada PPL II. Berdasarkan hasil observasi tersebut dapat ditentukan program kerja yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan penulis dan pihak Dinas. Dalam program ini mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program. Dari hasil Observasi tersebut, maka disusunlah suatu program utama yaitu Analisis dan Rekapitulasi data Ujian Sekolah SD/MI tingkat Kabupaten Purworejo. Sebagai bentuk optimalisasi pelayanan terhadap sekolah maupun UPT guna melakukan pembinaan dan pembuatan standar untuk tingkat kabupaten. Adapun program tambahan yang juga dijalani penulis adalah Administrasi Surat Masuk dan Keluar sebagaimana yang telah di pelajari penulis dalam perkuliahan Keseketariatan dan Manajemen Perkantoran. Selain itu penulis juga menjalani Apel tiap pagi dan juga mengetahui persiapan penerapan Kurikulum 2013 dalam bentuk sosialisasi kepada sekolah sasaran yang diadakan kurang lebih dalam kurun waktu 35 jam dan dihadiri oleh 100 kepala sekolah atau yang mewakili untuk jenjang SD dan SMP Se Kabupaten Purworejo.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 04:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50279

Actions (login required)

View Item View Item