LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) REKAPITULASI DAFTAR KEBUTUHAN PRASARANA SEKOLAH DASAR DAN DAFTAR SEKOLAH DASAR YANG MEMBUTUHKAN REHABILITASI GEDUNG UPT DINDIKBUDPORA KABUPATEN PURWOREJO

Dewi Nala Kummalasari, Dewi Nala Kummalasari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) REKAPITULASI DAFTAR KEBUTUHAN PRASARANA SEKOLAH DASAR DAN DAFTAR SEKOLAH DASAR YANG MEMBUTUHKAN REHABILITASI GEDUNG UPT DINDIKBUDPORA KABUPATEN PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DEWI NALA KUMMALASARI 13101244008.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tanggungjawab mahasiswa setelah mendapatkan ilmu dari Perguruan Tinggi ialah menginformasikan dan mengaplikasikan ilmunya tersebut kepada masyarakat dan lingkungan kependidikan. Praktek pengalaman lapangan merupakan kegiatan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta mengimplementasikan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan yang bertanggungjawab dan profesional. PPL di Dinas Pendidikan merupakan ajang mahasiswa dalam memberikan sumbangan nyata dalam rangka meningkatkan potensi yang ada di Dinas Pendidikan. Hal ini sesuai dengan kompetensi prodi Manajemen Pendidikan yaitu mengelola pendidikan. Untuk mencapai tujuan kegiatan PPL maka masing-masing individu diwajibkan membuat program sesuai hasil observasi lapangan yang dilakukan sebelum kegiatan PPL. Adapun program PPL yang tercantum dalam laporan ini berjudul “Rekapitulasi Daftar Kebutuhan Prasarana Sekolah Dasar dan Daftar Sekolah Dasar Yang Membutuhkan Rehabilitasi Gedung UPT Dindikbudpora Kabupaten Purworejo”. Tujuan dari program ini adalah membantu Dinas Pendidikan khususnya Seksi Sarana Prasarana dan Perijinan Bidang Pendidikan Dasar untuk menganalisis kondisi prasarana di SD Negeri se- Kabupaten Purworejo dan Sekolah Dasar yang membutuhkan rehabilitasi gedung. Program ini melakukan pendataan dan rekapitulasi terhadap prasarana sekolah di masing- masing kecamatan di Kabupaten Purworejo yang berjumlah 17 Kecamatan. Hasil dari program ini diharapkan dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan pembangunan pendidikan khususnya prasarana Sekolah Dasar dan rehabilitasi gedung sekolah agar dapat menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah. Program PPL Rekapitulasi Daftar Kebutuhan Prasarana Sekolah dasar dan Daftar Sekolah Dasar yang Membutuhkan rehabilitasi Gedung UPT Dindikbudpora Kabupaten Purworejo ini terbagi dalam tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap persiapan lebih menekankan pada observasi, konsultasi dan pemantapan program. Tahap pelaksanaan meliputi proses rekapitulasi, pengumpulan data sampai penyajian data. Sedangkantahap evaluasi mencakup laporan dan tindak lanjut program. Hasil akhir dari program ini berupa tabel rekapitulasi kebutuhan prasarana dan rekapitulasi sekolah yang membutuhkan rehabilitasi gedung. Bagian akhir dari program adalah analisis pelaksanaan program dan refleksi tingkat ketercapaian program yang dijalankan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 04:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50276

Actions (login required)

View Item View Item