LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2016 LOKASI SMA N 7 PURWOREJO

Sanfitri, Sukma Aulia (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2016 LOKASI SMA N 7 PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
8 - SUKMA AULIA SANFITRI_13204241049_PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima di perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara nyata dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Kegiatan PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bertempat di sekolah-sekolah maupun dinas pendidikan yang telah menyetujui untuk memberikan kesempatan mahasiswa PPL bekerja di lingkup yang sama. PPL dilaksanakan mulai 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016 bertempat di SMA N 7 Purworejo dengan jumlah mahasiswa PPL UNY 8 orang. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas yang telah ditentukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 5 kali dalam satu kelas,yaiu kelas X MIPA 5 sedangkan kelas yang diajar sebanyak 10 kali, yaitu XI BB. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain diskusi, Tanya jawab dan permainan bahasa seperti scramble dan bermain peran. Tidak banyak kendala dan hambatan yang ditemui prakikan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern. Hambatan hanya berupa fasilitas kelas yang tidak dapat digunakan pada minggu awal mengajar dan beberapa siswa yang sering memancing kegaduhan. Adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 04:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50272

Actions (login required)

View Item View Item