LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Ditta Nur Rahmawati, Ditta Nur Rahmawati (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3 - DITTA NUR RAHMAWATI_13204241005_PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu universitas dengan latar belakang pendidikan memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik praktik, teori maupun lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktik dalam dunia pendidikan. Sebelum mengikuti PPL, mahasiswa mengikuti mata kuliah microteaching sebagai awal pembelajaran untuk praktek PPL. SMA Negeri 7 Purworejo yang beralamatkan di Jl. Ki Mangunsarkoro no.1, Purworejo, Jawa Tengah merupakan salah satu dari sekian sekolah yang dijadikan lokasi PPL UNY pada tahun 2016 ini. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Mata pelajaran yang diampu oleh penulis adalah Bahasa Prancis dengan alokasi waktu tiap minggu sebanyak 9 jam pelajaran. Penulis sendiri mengampu 3 kelas, yaitu kelas X. MIPA 1, X. MIPA 2, dan X. MIPA 4. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan selama 15 kali pertemuan, 13 kali pertemuan untuk memberikan materi dan 2 kali kali pertemuan untuk evaluasi. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Dimulai dengan persiapan PPL berupa konsultasi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), metode pembelajaran, evaluasi dan lembar penilaian. Dalam pelaksanaan PPL terdapat beberapa hambatan namun masih dalam taraf wajar. Hambatan-hambatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi penulis untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Laporan PPL, SMA Negeri 7 Purworejo.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Jul 2017 01:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50267

Actions (login required)

View Item View Item