LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Agnes Fahriana, Agnes Fahriana (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
AGNES FAHRIANA_13513241034.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa yang mengambil bidang kependidikan. Sebelum diterjunkan dalam kegiatan ini, mahasiswa wajib menempuh dan lulus pada mata kuliah micro teaching dan beberapa mata kuliah kependidikan lainnya. Tujuan kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Sedangkan misi dari kegiatan PPL adalah : 1) menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional; 2) mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah di kuasainya kedalam praktik keguruan dan atau praktik kependidikan; memantapkan kemitraan UNY dan sekolah serta lembaga pendidikan; serta 4) mengkaji dan mengembangkan praktik keguruan dan praktik kependidikan. Untuk menjalankan beberapa tujuan tersebut, maka Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan beberapa instansi kependidikan yang berada di wilayah DIY dan Jawa Tengah, terutama untuk wilayah Jawa Tengah adalah Klaten, Purworejo dan Surakarta. Dan pada kesempatan PPL ini, penyusun mendapat kesempatan untuk melaksanakannya di SMK Negeri 4 Surakarta. SMK N 4 Surakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan yang beralamatkan di Jalan Laksamana Udara Adi Sucipto No. 40 Surakarta. SMK N 4 Surakarta merupakan sekolah yang telah menerapkan kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013. Rangkaian kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan di SMK N 4 Surakarta dimulai pada tanggal 18 Juli 2016 dan diakhiri pada tanggal 26 September 2016. Kegiatan PPL ini diharapkan memberikan kontribusi dan manfaat kepada pihak sekolah dalam hal pengalaman dan pembelajaran ilmu baik dari pihak sekolah maupun kepada mahasiswa yang melaksanakan PPL dan sebaliknya. Mahasiswa diharapkan mendapat berbagai pembelajaran, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, latihan, serta pengembangan kompetensi yang diperlakukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, dan tanggung jawab.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, Micro Teaching, SMK N 4 Surakarta
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 03 Jul 2017 07:25
Last Modified: 03 Jul 2017 07:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50248

Actions (login required)

View Item View Item