LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Fitri Mahgfiroh, Fitri Mahgfiroh (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FITRI MAGHFIROH 13401244008 PKN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta Semester Khusus Tahun 2016 yang berlokasi di SMP Negeri 2 Yogyakarta mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Praktikan adalah mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Kegiatan pengajaran dilaksanakan oleh praktikan di kelas VII F, VII G, VIII A, dan VIII B. Ada beberapa program kerja PPL yang diprogramkan oleh praktikan antara lain piket guru, Upacara 17 Agustus, Upacara HUT SMP Negeri 2 Yogyakarta, dan pendampingan lomba HUT SMP Negeri 2 Yogyakarta untuk program PPL kelompok. Sedangkan untuk program PPL individu adalah penyusunan perangkat pembelajaran berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran, praktik mengajar terbimbing, menyusun dan mengembangkan instrumen evaluasi berupa soal ulangan, kisi – kisi dan rubrik penilaian serta administrasi guru lainnya. Program-program PPL yang telah direncanakan oleh praktikan dapat berjalan dengan baik, namun ada beberapa hambatan yang terjadi. Beberapa hambatan tersebut antara lain: banyaknya kegiatan di sekolah yang banyak menyita waktu praktik mengajar, ketika KBM berlangsung ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan pelajaran dan sibuk dengan kegiatannya sendiri, siswa sedikit meremehkan praktikan karena bukanlah seorang guru, sehingga ketika diberikan tugas siswa banyak protes akan tetapi dengan pendekatan secara personal kepada siswasiswa tersebut maka hal tersebut bisa diatasi, terbatasnya buku pegangan yang dimiliki siswa kelas VII dan VIII (satu bangku satu buku/ artinya 1 buku untuk 2 orang) mengakibatkan pembelajaran cukup terhambat. Tetapi praktikan selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan baik. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangatlah mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci:Prograram, PPL UNY, Pendidikan Kewarganegaraan , SMP Negeri 2 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jul 2017 04:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50236

Actions (login required)

View Item View Item