LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

DWI MARTA LINDA, DWI MARTA LINDA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DWI MARTA LINDA 13416241030 P IPS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta dimana sebelum terlaksanaya Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) harus melaksanakan Obsevasi ke sekolah kemudian melaksanakan Pembelajaran Micro pada semester enam. Praktek Pengalaman lapangan bertujuan memberikan pengalaman mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, dan memberikan bekal mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai guru yang profesional, memiliki pengetahuan, nilai, sikap, serta keterampilan yang diperlukan dalam profesinya. Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan dilalui melalui beberapa tahap yaitu tahap Pesiapan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Pada tahap Persiapan dilaksanakan observasi di SMP N 2 Yogyakarta yaitu observasi fisik dan observasi kelas. Setelah mengetahui secara fisik dan proses pembelajaran di SMP N 2 Yogyakarta mahasiswa melaksanakan Micro teaching untuk melatih ketrampilanya dalam menyelenggrakan proses pembelajaran dikelas. Kemudian pembekalan yang dilaksanakan untuk memberikan pengarahan kepada kepada calon mahasiswa Praktik Pengalaman lapangan (PPL) dalam melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Tahap pelaksanaan dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016 dimana mahasiswa mulai melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar di SMP N 2 Yogyakarta dan berkesempatan praktik mengajar di kelas VIIA, VIIB, VIIC dan VIID. Tahap selanjutnya yaitu evaluasi yang dilaksanakan setelah praktik mengajar untuk mengetahui keberhasilan mengajar mahasiswa dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Persiapan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jul 2017 03:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50234

Actions (login required)

View Item View Item