LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi : SD NEGERI BACIRO Jalan Mawar 17A, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta

Dian Retnosari, Dian Retnosari (2016) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi : SD NEGERI BACIRO Jalan Mawar 17A, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN ISI.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016 memberikan kesempatan bagi mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SDN Baciro merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2016. Tujuan dari program Praktik Pengalaman Lapangan adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 5 kali, kali yang dilaksanakan tanggal 29 Juli, 05 Agustus, 10 Agustus, 12 Agustus, dan 15 Agustus 2016 sedangkan praktik mengajar mandiri sebanyak 3 kali yang dilaksanakan pada tanggal 18, 24,dan 26 Agustus 2016. Selain itu dilaksanakan pula ujian praktik mengajar sebanyak dua kali pada tanggal 6 dan 7 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, pengamatan AVA, praktik pengajaran mikro, observasi pembelajaran, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : PPL, Praktik Mengajar, SD N Baciro
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jun 2017 06:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50198

Actions (login required)

View Item View Item